Senin, 05 Juni 2017

Cara Ternak Burung Love Bird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula

Posted on Senin, 05 Juni 2017
Terry Blog |
Cara Ternak Lovebird ~ Ternak burung lovebird merupakan salah satu urusan ekonomi peternakan yang kini mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Gaungya di Indonesia meski tak menyerupai burung kenari , namun lovebird memiliki banyak penggemar di negeri nusantara ini. 

Bisnis ternak lovebird terbukti telah mencetak pengusaha - pengusaha sukses yang omzetnya bahkan mampu mencapai puluhan juta rupiah dalam sebulan. Namun , untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses di bidang ternak lovebird , tentu harus melalui proses mencar ilmu dan kadang harus jatuh alasannya yaitu mengalami kegagalan. Karena itu , bagi seorang peternak lovebird , salah satu huruf yang harus dimiliki yaitu mencintai aktivitas memelihara lovebird. Jika pekerjaan sudah didasari dengan cinta , maka perjuangan yang akan kita lakukan akan lebih keras serta lebih berpengaruh untuk bangun dari kegagalan.

Kisah Sukses Ternak Lovebird

Dilansir dari beternak lovebird setelah melihat karyawannya yang telah lebih dahulu mengawali perjuangan ternak lovebird. 

Meski pada awalnya ditentang oleh keluarga , namun pada balasannya perjuangan yang dilakukan oleh Eri tidak sia - sia. Berawal dari  sepasang burung lovebird kini Eri telah memiliki 30 pasang indukan lutino , palamas , violet , batman , blorok hingga albino. Dari 30 indukan tersebut , rata - rata perbulannya dia dapat menghasilkan 20 anakan lovebird. Hasil perjuangan yang dia dapatkan ternyata lebih besar daripada ketika dia bekerja sebagai manajer. Kata Eri , dia dapat menghasilkan delapan kali lipat lebih besar dari gajinya ketika dia masih bekerja dulu.

Cara Ternak Burung Love Bird 

Untuk menerima anakan lovebird yang berkualitas maka bagi anda yang ingin beternak lovebird ada baiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini :


Persiapan Kandang 


Dalam peternakan burung , selain induk burung , kebutuhan yang harus ada yaitu sangkar burung. Untuk sangkar burung lovebird tidak membutuhkan sangkar besar , cukup sangkar yang berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Ada beberapa jenis sangkar lovebird yang biasanya digunakan untuk breeding burung lovebird yaitu sangkar yang berbentuk lingkaran dan kotak umbaran. 

Kandang lovebird bentuk lingkaran hanya mampu diisi 2-3 burung atau digunakan untuk proses perjodohan. Sementara kotak umbaran yaitu sangkar berbentuk kotak yang didalamnya dapat diisi oleh beberapa pasang induk lovebird dan nantinya diberi sangkar untuk sarang bertelur.

Kandang Kotak Burung Lovebird
olx.co.id



Kandang Burung Lovebird bentuk bulat
olx.co.id
Kandang Burung Lovebird umbaran
olx.co.id
Pemilihan Induk 

Pada umur 7-8 bulan , burung lovebird sudah mampu bertelur namun sebaiknya menunggu hingga umur 1 tahun alasannya yaitu kualitas telur yang dihasilkan ketika umur 8 bulan belum terlalu baik atau belum terlalu matang. Pada umur 1 tahun , telur yang dihasilkan akan baik kualitasnya sehingga probabilitas kemungkinan sukses akan lebih besar. 

Untuk membedakan jenis kelamin burung lovebird perlu ketelitian alasannya yaitu pada dasarnya burung ini tidak memilik perbedaan yang terang antara kelamin jantan dan betina.

  1. Burung betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar daripada pejantan
  2. Burung betina memiliki bunyi yang lebih keras daripada pejantan
  3. Burung betina memiliki bentuk badan yang lebih besar daripada burung jantan namun memiliki ukuran kepala yang lebih kecil daripada betina
  4. Ketika bertengger , kaki burung betina sedikit renggang sementara untuk pejantannya terlihat rapat.
Apabila anda sudah mampu membedakan antara burung betina dan pejantan lovebird anda tinggal menjodohkannya saja. Namun jikalau anda belum mampu membedakannya , anda mampu membuat sangkar burung umbaran.

Jika anda ingin anakan burung lovebird bersuara mengagumkan maka carilah indukan betina yang memiliki bunyi yang mengagumkan pula , dan bila anda ingin memiliki anakan yang memiliki warna yang mengagumkan maka anda pun harus memilih indukan betina yang mengagumkan pula.

Perjodohan

Salah satu karakteristik yang paling khas dari burung lovebird yaitu memiliki pasangan yang setia hingga mati. Itulah kenapa burung ini disebut lovebird ( burung cinta ). Burung lovebird mampu dikatakan sebagai burung monogami sehingga ketika sudah memiliki pasangan maka pasangan tersebut mampu bertahan hingga burung burung tersebut mati. 

Ketika ingin menjodohkan indukan burung , anda mampu melakukannya dengan mencampurkan beberapa ekor burung lovebird dalam satu sangkar sehingga burung - burung tersebut nantinya akan memilih sendiri pasangannya masing - masing terlebih jikalau burung - burung tersebut memasuki masa estrus.

Cara tersebut lebih mudah bahkan bagi pemula sekalipun , namun permasalahannya apabila anda hanya memiliki satu pasangan burung alasannya yaitu biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama bahkan jikalau kedua burung tersebut tidak cocok mampu terjadi saling menyerang. Oleh alasannya yaitu itu , cara terbaik yaitu dengan memisahkan kedua burung tersebut lalu dekatkan keduanya. 

Anda mampu menggunakan sangkar kotak yang ditengah - tengahnya diberi sekat namun harus tembus pandang. Maksudnya antara burung betina dan jantang dapat saling melihat. Dalam beberapa ahad , apabila keduanya saling mendekat , beradu paruh , gelisah dan sering tidur berdekatan maka proses perjodohan siap dilakukan dan anda mampu menyatukan pasangan tersebut dalam satu kandang.

Persiapan Sarang Bertelur

Setelah selesai dijodohkan , maka secara naluriah , pasangan burung lovebird akan kawin dan segera bertelur. Sesuai dengan kebiasaannya di alam bebas , burung yang akan bertelur akan mengumpulkan ranting - ranting kering atau daun - daun kering. Siapkan glodog kotak sarang.

Jangan menggunakan materi - materi sintetis alasannya yaitu akan membahayakan burung apabila tertelan. Selain itu , gunakan materi - materi yang kering alasannya yaitu ketika kita menggunakan materi - materi daun atau ranting yang segar , dikhawatirkan akan membusuk didalam sarang sehingga dapat menjadikan racun di dalam sarang.

Pada umumnya , burung lovebird akan bertelur 4-6 telur sekali bertelur. Sementara masa pengeraman akan terjadi selama 21-24 hari. Pada dikala pengeraman , usahakan semoga sarang dalam kondisi tenang. Jangan terlalu sering melihat telur alasannya yaitu mampu menjadikan burung tersebut stress. 

Bagaimana teman urusan ekonomi , di atas yaitu cara ternak burung love bird semoga cepat bertelur untuk pemula. Untuk cara merawat anakan burung love bird akan saya posting pada posting selanjutnya.