Minggu, 16 Juli 2017

Pengertian Macam-Macam dan Fungsi Komunikasi Bisnis yang Wajib Anda Tahu

Posted on Minggu, 16 Juli 2017
Terry Blog |
Komunikasi Bisnis ~ Untuk berbagi suatu perusahaan , anda wajib mengetahui pengertian macam-macam dan fungsi komunikasi bisnis. Hal ini diharapkan sebab dengan adanya komunikasi urusan ekonomi , kesempatan kerjasama untuk berbagi perusahaan akan lebih besar. Tidak hanya itu saja , komunikasi urusan ekonomi juga akan membuat kekerabatan antara pengusaha dan pegawai lebih dekat. Hal ini sebagai bentuk keterbukaan perusahaan terhadap pemberian fee serta pemberlakuan kebijakan. Tanpa adanya komunikasi urusan ekonomi , seorang pengusaha akan berhenti di daerah dan tidak mampu berkembang. Karena itu , mempelajari pengertian , macam-macam , dan fungsi komunikasi perjuangan sangat mutlak untuk dilakukan.
pengertian komunikasi bisnis


Komunikasi bisnis ialah sebuah pertukaran gagasan , pandangan gres , pendapat , isyarat , yang bertujuan tertentu melalui simbol atau sinyal yang disajikan secara personal maupun impersonal. Dalam komunikasi urusan ekonomi , ada 6 unsur pokok yang wajib ada , yaitu:

1. Tujuan

Sebuah komunikasi urusan ekonomi harus mempunyai tujuan yang sejalan dengan perusahaan.

2. Pertukaran

Pertukaran ini meliputi pertukaran informasi antara 2 orang atau lebih dalam komunikasi bisnis.

3. Gagasan atau ide

Gagasan atau pandangan gres ialah isi pesan yang ingin disampaiakn dalam sebuah komunikasi bisnis.

4. Personal atau impersonal

Bisa dilakukan 4 mata antara 2 orang atau antara satu orang dengan banyak orang.

5. Simbol atau sinyal

Ini merupakan penggunaan metode yang digunakan dalam penyampaian informasi yang harus mampu dipahami oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi.

6. Pencapaian tujuan

Karena tujuan sudah ditetapkan sebelumnya , maka pencapaian tujuan penting dalam sebuah komunikasi urusan ekonomi , apakah tercapai atau tidak.

Macam-Macam Komunikasi Bisnis

Berikut macam-macam komunikasi urusan ekonomi yang harus anda ketahui:

1. Menurut cara penyampaiannya , ada komunikasi ekspresi dan tertulis. Lisan secara eksklusif melalui pembicaraan sedangkan yang tertulis melalui goresan pena atau pesan.

2. Menurut perilaku , ada formal dan informal. Formal melalui media seminar , workshop , dll. Sedangkan informal melalui desas desus.

3. Menurut ruang lingkupnya , komunikasi dibedakan menjadi komunikasi internal dan eksternal. Internal meliputi ruang lingkup di dalam perusahaan baik antar karyawan , antar staf , maupun dengan pimpinan perusahaan. Sedangkan komunikasi eksternal mencakup komunikasi dengan luar perusahaan misalkan melalui brosur , festival atau flyer untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan di luar.

4. Menurut pedoman informasi , ada 2 , yaitu searah dan 2 arah. Searah biasanya terjadi dalam keadaan darurat , sedangkan 2 arah sering dijumpai baik dari atasan ke bawahan atu sebaliknya.

5. Menurut jaringan kerja , ada jaringan rantai , yaitu antar di dalam organisasi , jaringan kerja lingkungan , yaitu dengan lingkungan sekitar , dan jaringan kerja bintang , yaitu melalui satu sentra dengan jaringan yang lebih pendek.

6. Menurut peranan individu , ada komunikasi antar individu , komunikasi individu dengan lingkungan , dan komunikasi individu dengan 2 kelompok atau lebih.

7. Menurut jumlah yang melaksanakan komunikasi , ada perorangan dan kelompok.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Untuk lebih memahami urusan ekonomi , memang diharapkan adanya pengertian macam-macam dan fungsi komunikasi bisnis. Untuk fungsi komunikasi urusan ekonomi ialah sebagai berikut:

1. Fungsi Internal

Dalam fungsi internal ini meliputi , pimpinan , bawahan dan rekan kerja. Fungsinya ialah untuk menjelaskan atau mengeluarkan peraturan , mendorong bawahan melaksanakan perbaikan , menginformasikan perkembangan perusahaan dan menunjukkan evaluasi atau menegur pegawai.

2. Fungsi eksternal

Dalam fungsi ini meliputi konsumen , pemerintah , suplier , dan publik. Fungsinya ialah untuk membujuk konsumen semoga membeli produk , menjelaskan pelayanan perusahaan yang gres , melaksanakan klarifikasi kebutuhan , mempromosikan image gres perusahaan , dan menunjukkan kredit dan menagih piutang.

Mengetahui pengertian , macam-macam , dan fungsi komunikasi perjuangan sangatlah penting mengingat fungsinya yang sangat krusial dalam perkembangan sebuah perusahaan. Seorang pembicara dalam perusahaan haruslah dipilih yang memiliki kecakapan lebih sehingga informasi mampu tersampaikan dengan baik. 

Bagaimana Menerapkan Komunikasi Bisnis yang Sukses?

Untuk menerapkan komunikasi urusan ekonomi yang sukses , faktor penentunya ialah sebagai berikut:

1. Kesiapan isi

Kesiapan isi haruslah terang sebelum melaksanakan komunikasi semoga semua yang ingin disampaikan dapat terampung. Semua isi harus disusun secara rapi dna runtut untuk memudahkan peserta informasi menangkap keseluruhan isi dengan jelas.

2. Kelancaran lisan

Seseorang yang melaksanakan komunikasi urusan ekonomi haruslah memiliki kelancara lisan. Hal ini juga menyangkut gesture dan sikap badan semoga peserta informasi dapat memahami isi yang disampaikan dengan baik.

3. Dukungan lingkungan sekitar

Dukungan dari lingkungan sekitar mutlak diharapkan semoga jalannya penyampaian informasi tidak terganggu. Dengan pertolongan penuh , penyampaian informasi akan lebih lancar dan tidak terhambat.

4. Tempat yang memadai

Tempat penyampaian informasi haruslah mendukung sehingga suasana penyampaian dapat berjalan dengan baik.

Karena pentingnya komunikasi urusan ekonomi dalam menjalankan perusahaan , sudah sepatutnya anda menunjukkan pelatihan kepada karyawan wacana komunikasi urusan ekonomi yang baik. Anda pun harus lebih siap menunjukkan komunikasi urusan ekonomi yang baik untuk pencapaian tujuan perusahaan.


Dengan mengetahui pengertian macam-macam dan fungsi komunikasi urusan ekonomi , anda sudah selangkah lebihmaju dari pesaing urusan ekonomi anda. Selalu siapkan semua pendukung komunikasi urusan ekonomi sebelum melakukannya. Komunikasi baik internal maupun eksternal memegang peranan penting dalam laju perkembangan perusahaan sehingga sudah sepatutnya anda merencanakannya dengan baik. Ketercapaian tujuan awal dari komunikasi yang dilakukan menjadi titik awal pengembangan perusahaan yang nantinya dapat meningkatkan keuntungan dan menambah kesejahteraan karyawan. Ini pasti menjadi hal yang sangat diinginkan oleh seorang pengusaha sebab mampu terus berbagi perusahaan ke arah yang lebih maju. Selalu lakukan upgrade informasi dan pelatihan untuk kemajuan perusahaan!