Senin, 17 Juli 2017

3 CARA MENENTUKAN JENIS USAHA SAMPINGAN YANG TEPAT UNTUK ANDA

Posted on Senin, 17 Juli 2017
Terry Blog |
Usaha sampingan | Kebutuhan tidak pernah memlih anda. Begitulah kata pepatah kuno mengatakan. Siapapun anda , kebutuhan akan tetap mengikuti anda untuk dipenuhi. Bila ketika anda yaitu seorang karyawan , bersyukurlah alasannya yaitu tidak semua orang bisa menerima pekerjaan ibarat yang anda dapatkan sekarang. Namun , tentu tidak semua karyawan bisa menikmati pekerjaan mereka.

Secara psikologis , insan memiliki bakat dan minat nya tersendiri. Seseorang mungkin lebih condong untuk menjadi seorang pekerja yang mengharapkan gaji bulanan. Yang lain lebih menginginkan tantangan dan kebebasan , kebebasan untuk mengoptimalkan kemampuan diri sendiri melalui perjuangan kecil. Menjadi bos di perusahaan kecil milik sendiri atau menjadi karyawan di sebuah perusahaan besar? Apa yang akan kita pilih?

Artikel ini tidak ingin menghakimi mana yang lebih baik , alasannya yaitu kebaikan bagi seseorang berbeda bagi orang lain. Pada goresan pena ini , akan kita coba untuk mengambil jalan tengah yaitu bagaimana menentukan jenis perjuangan sampingan yang sempurna untuk anda? Jika anda seorang karyawan yang memiliki banyak kebutuhan , ada baiknya anda memang menjalankan perjuangan sampingan selain pekerjaan utama anda. Hal ini memilki banyak keuntungan di antaranya :

3 CARA MENENTUKAN JENIS USAHA SAMPINGAN YANG TEPAT UNTUK ANDA


3 CARA MENENTUKAN JENIS USAHA SAMPINGAN 
  1. Menambah penghasilan.
    Apa lagi kalau bukan pelengkap penghasilan , sebagian besar para pelaku perjuangan sampingan memang menginginkan adanya pemasukan pelengkap untuk menambah pendapatan mereka. Bisa jadi anda yang ketika ini masih bujangan alias single , kebutuhan anda belum terlalu besar , namun , ketika anda kemudian sudah beristri apalagi seiring dengan perkembangan dengan si anak yang akan bersekolah dan lain sebagainya , maka pelengkap uang yang masuk harus kita pikirkan.
  2. Mengoptimalkan potensi
    Sebagai seorang pengusaha , kita dituntut untuk kreatif dan berani mengambil keputusan. Ide - pandangan gres inovatif terus digali untuk terus dikembangkan. Pun kita akan dilatih bagaimana bersosialisasi dengan orang lain , melaksanakan negosiasi dengan calon konsumen , pengendalian emosi serta ketenangan dalam tekanan seberat apapun. Dalam berbisnis , segala potensi kita akan tergali , bukan hanya dilema materil namun juga psikis dan religius.
  3. Panggilan jiwa
    Masih ingat beberapa pengusaha yang rupanya lebih memilih keluar dari jabatan tinggi sebagai karyawan kemudian mendirikan perusahaan nya sendiri? Atau bahkan mereka yang lebih memilih keluar dari dingklik kuliah alasannya yaitu dirasa tidak cocok dengan panggilan jiwanya ibarat Purdi E Chandra termasuk juga sang konglmerat dunia pemilik perusahaan Microsoft Bill Gates. Coba simak dongeng mereka dalam artikel Pengusaha Bisnis Rumahan Yang Pernah Dikeluarkan Dari Sekolah

    Bagi mereka , hidup yaitu kebahagiaan. Maka , ketika mereka harus menerima uang , jalan yang mereka ambil yaitu yang mereka cintai. Mencintai pekerjaan yaitu salah satu cara untuk berbahagia. Bisa jadi seseorang menjalankan perjuangan sampingan bukan alasannya yaitu kurangnya pemasukan , tapi alasannya yaitu memang , menjadi seorang pengusaha yaitu panggilan jiwa.
Bagi anda yang ketika ini masih berkutat dengan pekerjaan di kantor anda , Tetap syukuri. Namun , alangkah baiknya kalau kita mencoba menjalankan perjuangan sampingan. Karena dalam berbisnis ada 9 dari 10 kebaikan dan keberkahan. Selain itu , perjuangan sampingan menawarkan peluang kepada kita untuk lebih bermanfaat kepada mereka yang membutuhkan.

Berikut ini , beberapa cara untuk menentukan jenis perjuangan sampingan yang sempurna untuk anda.
  1. Kenali minat dan bakat
    Menjalankan perjuangan sampingan tidak semudah yang kita pikirkan. Di sela - sela pekerjaan kita yang tentu sudah menguras waktu , tenaga , pikiran dan sering pula perasaan , kita harus mengelola urusan ekonomi sampingan yang tentu juga menguras segala kekuatan kita.

    Karena hal tersebutlah , maka supaya perjuangan sampingan yang kita jalankan tidak terlalu memberatkan , carilah perjuangan sampingan yang sesuai dengan HOBI. Hobi membuat anda bahagia untuk melakukannya , bahkan ketika perjuangan yang kita kelola merugi , kita tidak benar - benar rugi , alasannya yaitu ada kepuasan batin yang bisa kita dapatkan.

    Selain itu , berbisnis sesuai dengan hobi akan membahagiakan kita. Pekerjaan terasa ringan alasannya yaitu kita mencintai apa yang kita lakukan. Apalagi kalau hobi tersebut merupakan hobi yang sesuai dengan bakat kita , kita tidak perlu menghambur - hamburkan uang untuk memulai urusan ekonomi yang tidak kita kuasai dan kedepan , peluang untuk berhasil lebih besar.
  2. Pengelolaan waktu
    Time is Money.

    Kalimat tersebut memang betul adanya , pengelolaan waktu dapat menentukan seberapa kekayaan yang bisa kita kumpulkan. Namun , setiap insan diberi jatah waktu yang sama. Dua puluh empat jam dalam sehari , tujuh hari dalam seminggu dan semuanya berlaku sama.

    Karena kita bukanlah seorang yang free time tanpa adanya kelonggaran waktu. Maka , seorang karyawan haruslah menyesuaikan perjuangan sampingan dengan jadwal kerjanya supaya tidak saling berbenturan.

    Sebagai tumpuan :
    Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda berangkat pukul 06.00 dan pulang pukul 16.00. Maka , untuk memilih urusan ekonomi sampingan , perlu anda perhatikan beberapa hal di bawah ini :
    1. Apakah pekerjaan anda bisa dibagi pemikirannya?
    Di sela - sela anda beraktifitas dapatkah anda membagi waktu dan tenaga anda? Kita misalkan bila anda yaitu seorang pekerja kantoran yang setiap harinya menggunakan internet dan komputer sebagai penunjang pekerjaan anda. Di sela - sela anda menggunakan komputer , anda bisa menjalankan perjuangan sampingan urusan ekonomi online. Namun , tentu ini beresiko bagi anda khususnya anda tidak bisa terlalu fokus.

    2. Setelah anda bekeja , masih ada kah tenaga dan kemauan untuk melaksanakan kegiatan?
    Jalan terbaik yaitu memilih perjuangan sampingan yang tidak berkaitan atau tidak sama sekali mengganggu pekerjaan anda. Ada beberapa jenis yang bisa anda jalankan. Silahkan baca artikel di sini.

    3. Carilah perjuangan sampingan yang tidak harus anda kelola sepanjang waktu
    Jika anda ingin perjuangan sampingan yang tidak terlalu menguras waktu anda , anda bisa memilih jenis perikanan , peternakan atau budidaya. Anda tidak harus mengurus ikan - ikan anda sepanjang hari , tidak perlu menyirami tanaman yang anda budidayakan selama 24 jam sehari dan anda pun tidak perlu mengawasi hewan ternak anda dalam sehari.

    Anda bisa memberi pakan pada waktu pagi hari dan sore hari selepas anda bekerja. Bisnis ini kiranya paling memungkinkan dan tidak terlalu melelahkan.
  3. Modal Anda
    Memilih perjuangan sampingan juga memperhatikan modal perjuangan anda. Meminjam kata kata Robert T Kiyosaki. " jadikan uang yang bekerja untuk kita , bukan kita yang bekerja untuk uang". Istilah ini sangat terkenal khususnya bagi mereka para pemain investasi.

    Ketika anda memilih cukup uang. Anda "memperkerjakan" uang anda supaya uang anda bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang lebih besar. Begitulah para pengusaha besar bermain uang. Anda pun bisa melakukannya yaitu dengan membuat suatu perjuangan lalu memperkerjakan orang lain sehingga anda tidak perlu mengawasi atau melaksanakan acara perjuangan anda. Anda hanya perlu mengolah uang anda lalu memastikan bahwa peredaran uang anda benar - benar sempurna dan efektif.

JIka anda bisa teliti menentukan perjuangan sampingan yang sempurna untuk anda. Saya yakin anda bisa menjalankan perjuangan sampingan anda tanpa mengganggu pekerjaan utama anda.

Bagaimana dengan prospek bisnis?

Gali pengetahuan anda. Ada banyak urusan ekonomi yang prospektif namun sebagus apapun potensi suatu urusan ekonomi , bahwa bagaimana anda mengendalikan perjuangan anda , itu akan menentukan 90% keberhasilan anda.