Sabtu, 05 Agustus 2017

Butuh Modal Usaha? Berikut ini cara dan Langkah Mendapatkan Modal Usaha

Posted on Sabtu, 05 Agustus 2017
Terry Blog |
Usaha Kecil Menengah ialah salah satu poros kemakmuran bangsa. Dikatakan bahwa untuk mencapai kesejahteraan , setidaknya minimal harus ada 2% UMKM yang bisa menyerap tenaga kerja dari total seluruh penduduk di negara tersebut. Angka tersebut oleh pemerintah Indonesia sedang diupayakan semoga benar - benar tercapai beberapa tahun mendatang. Hingga ketika ini , Indonesia hanya memiliki 1 ,65% UMKM dari target 2%.

Pada tahun 2014 , jumlah UMKM di Indonesia telah menyerap tenaga kerja sekitar 57 ,9 juta penduduk Indonesia. Dengan kecenderungan adanya peningkatan grafik jumlah UMKM dari tahun ke tahun , di predikisi jumlah tenaga kerja yang terserap nantinya akan mencapai angka 70 juta penduduk. Tidak heran kalau kemudian pemerintah begitu getol mengkampanyekan gerakan mampu berdiri diatas kaki sendiri perjuangan kecil menengah kepada masyarakat. 

Butuh Modal Usaha? Berikut ini cara dan Langkah Mendapatkan Modal Usaha

Pemerintah pun tidak hanya aktif dalam mengkampanyekan kesadaran untuk mendirikan perjuangan kecil menengah namun juga ikut membantu mengatasi permasalahan para wirausahawan dengan mengadakan agenda - agenda pelatihan dan bagi anda yang kekurangan modal perjuangan , Pemerintah telah menyelenggarakan sumbangan modal perjuangan baik dengan model hibah maupun pinjaman lunak.

Nah , pada kesempatan ini , saya akan menunjukkan beberapa cara menerima modal perjuangan untuk perjuangan kecil menengah. Jika anda memiliki perjuangan dan ingin membuatkan perjuangan anda sementara kendala modal perjuangan menghadang anda , anda bisa melaksanakan beberapa langkah berikut ini :

1. Pengajuan modal perjuangan Anggaran Dana Desa
Kebijakan strategis dari pemerintahan Jokowi ialah keputusannya menggulirkan dana untuk tiap desa yang jumlahnya fantastis hingga 1 ,5 milyar per desa. Berdasarkan keputusan pemerintah No 60 Tahun 2014 yang kemudian di ganti dengan Keputusan gres MENKEU telah dikeluarkan pada bulan Desember 2015 menjelaskan bahwa anggaran dana desa merupakan pemindah bukuan dari Anggaran Belanja Negara hingga ke Rencana Anggaran Desa. 

Adapun pengalokasian dana desa dilakukan secara bertahap pada bulan April sebesar 40 % , bulan agustus sebesar 40% dan bulan Oktober dengan nilai 20%. Anggaran desan tersebut dialokasikan bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur namun juga pelatihan keterampilan perjuangan termasuk juga sumbangan modal perjuangan baik nantinya dikelola oleh koperasi atau sumbangan hibah. 

Bahkan disebutkan bahwa apabila terdapat dana lebih akan dikenakan sanksi sebagaimana disebutkan dalam salah satu pasalnya :
Ketentuan Pasal 27 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut: Pasal27 
(1) Dalam hal terdapat SiLPA Dana Desa lebih dari 3Oo/o (tiga puluh per seratus) pada tamat tahun anggar€rn sebelumnya , bupati/walikota menunjukkan sanksi administratif kepada Desa yang bersangkutan. 
(2) Sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa penundaan penyaluran Dana Desa tahap I tahun anggaran berjalan sebesar SiLPA Dana Desa. 
(3) Dalam hal pada tahun anggaran berjalan masih terdapat SiLPA Dana Desa lebih dari 30% (tiga puluh per seratus) , bupati/walikota menunjukkan sanksi administratif kepada Desa yang bersangkutan. (4) Sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) berupa pemotongan Dana Desa tahun anggaran berikutnya sebesar SiLPA Dana Desa tahun berjalan. 

Sehingga apabila ada dana lebih oleh desa , akan ada pemotongan anggaran dana desa yang tentunya merugikan semua pihak khususnya warga. Nah , kalau anda kesulitan dalam menerima modal usaha. Coba hubungi pemerintah desa anda terkait dengan anggaran dana desa. Anda juga bisa turut mengawasi penyaluran dana desa tersebut sehingga tidak salah sasaran. 

Sumber :
  1.  https://www.kemenkopmk.go.id/sites/default/files/produkhukum/PP_22_-_2015.pdf
  2. http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2015/247~PMK.07~2015Per.pdf


2. Pengajuan Modal Usah Melalui Dinas Terkait
Pada beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan untuk berbincang dengan salah seorang penyuluh kecamatan bidang peternakan dan pertanian. Dari hasil diskusi kami , dia menunjukkan satu fakta yang sangat - sangat memprihatinkan yaitu bahwa ada pengembalian dana sumbangan ke pemerintah sentra yang bahwasanya sumbangan tersebut diperuntukkan untuk masyarakat. 

Untuk diketahui bahwa setiap tahun selalu ada sumbangan dana modal perjuangan bagi para wirausahawan melalui dinas - dinas terkait. Namun demikian , sumbangan tersebut belum dapat diserap oleh masyarakat secara optimal. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa hal di antaranya :
1. Keengganan masyrakat dalam mengurus dan membuat proposal perjuangan untuk pemerintah
2. Adanya cecunguk anggaran yang membuat jatah sumbangan akan mengarah kepada beberapa pihak
3. Peraturan pemerintah yang berubah - rubah

Lalu bagaimana caranya mengajukan pengajuan modal perjuangan melalui dinas terkait ?
  • Siapkan profil perjuangan anda. Cobalah untuk jujur mengenai keadaan urusan ekonomi anda. Jangan membesar - besarkan jumlah keuntungan maupun memanipulasi kondisi keuangan urusan ekonomi anda. Jika memang perjuangan anda memang layak untuk dibantu , besar sekali kemungkinan perjuangan anda akan menerima sumbangan tersebut.

    Kumpulkan foto - foto aktifitas perjuangan kecil menengah anda. Arus kas yang lebih teratur akan memudahkan anda dalam menerima penilaian bagus dan jangan lupa kalau memungkinkan olok-olokan NPWP , Surat Ijin Usaha ( SIUP ) dan kalau perjuangan anda ialah perjuangan masakan atau sejenisnya segera minta No produk dari DepKes setempat.
  • Buatlah proposal perjuangan yang sebaik mungkin. Meski ada rumor mengatakan bahwa proposal perjuangan ialah formalitas semata namun walaupun ketika anda sudah memiliki link dari dinas terkait namun proposal perjuangan yang anda olok-olokan salah dan tidak memenuhi syarat maka hampir bisa dipastikan proposal perjuangan anda akan di kembalikan.
  • Dapatkan link sebelum pengajuan. Ini ialah trik di luar teknis pengajuan. Sudah menjadi hal umum di Indonesia dimana sumbangan dari pemerintah seringkali di dasarkan pada kedekatan hubungan. Jika seseorang harus mengupayakan sesuatu dengan fakta bahwa ia memiliki kedekatan emosional maupun sekedar kenal akan jauh lebih besar upayanya daripada mereka yang tidak dikenal sama sekali.
  • Jaga kepercayaan. Perlu diketahui pula bahwa sumbangan modal biasanya dilakukan secara bertahap. Maksudnya , ketika anda untuk pertama kalinya mengajukan sumbangan perjuangan kepada dinas terkait , anda akan menerima maksimal dana tertentu. Anda akan terus dipantau oleh dinas - dinas tersebut terkait pengelolaan dana yang anda dapatkan. Jika anda dapat berkembang secara maksimal sangat sangat mungkin anda akan menerima sumbangan modal perjuangan dengan jumlah nilai yang jauh lebih besar. 
Berikut ini beberapa link sumbangan modal perjuangan dinas pemerintah sesuai dengan bidang perjuangan :
  1. Pertanian : http://psp.pertanian.go.id/index.php/page/kontak
  2. Peternakan : http://ditjennak.pertanian.go.id/
  3. Kementerian sosial ( Bantuan biasanya diberikan dengan kriteria miskin atau rawan sosial ) : https://www.kemsos.go.id/modules.php?name=Content&pa=showpage&pid=23
  4. Ketenagakerjaan dan Transmigrasi : http://www.nakertrans.go.id/
  5. Perikanan : http://www.kkp.go.id/
Selain dinas di atas , masih ada dinas - dinas menyerupai Kementerian Pemuda dan Olahraga yang juga aktif mendukung pembiayaan modal perjuangan untuk wirausahawan muda bahkan hingga mengadakan ajang penghargaan untuk wirausahaan muda. Baca wacana sumbangan modal perjuangan dari Kemenpora di artikel di bawah ini :

Sementara untuk Kemensos , menyerupai yang pernah saya dapatkan sebesar 27 juta untuk 30 wanita rawan sosial silahkan lihat pola proposal usahanya di bawah ini :

3. Bantuan dana Aspirasi
Kalau yang ini , mohon maaf seringkali terjadi adanya politisasi anggaran. Tapi fokus kita yang terpenting ada sumbangan modal perjuangan , untuk urusan politik silahkan  di pilih sesuai hati nurani anda. Dana aspirasi biasanya di berikan kepada anggota dewan yang duduk di pemerintahan. Dana aspirasi tersebut kemudian dikucurkan sesuai dengan jatah dana dari setiap dewan.

Dana aspirasi ini bahwasanya diperuntukkan untuk masyarakat melalui dewan - dewan. Namun , alasannya ialah adanya kepentingan politik seringkali dijadikan alat untuk menarik masa. Misalkan anda mengajukan sumbangan melalui dewan tertentu yang bekerjasama dengan salah satu partai poltik maka pada umumnya anda akan di himbau untuk memilih dia atau partai politiknya. Ini sudah menjadi diam-diam umum. 

Namun demikian , kita tetap mengambil nilai positifnya yaitu adanya sumbangan dana dari para dewan. Meski bukan uang milik dewan yang diberikan untuk masyarakat setidaknya dari jabatan mereka ada sumbangan yang bisa kita dapatkan. Selain itu , ketika anda mengajukan sumbangan dana dari dana aspirasi dewan. Perhatiakan kesepatakan yang diberikan alasannya ialah ada beberapa cecunguk anggaran yang meminta jatah sekian persen dari jatah sumbangan yang kita terima. 

Jika anda meihat adanya kecurangan di sekitar anda , silahkan anda melapor kepada https://www.lapor.go.id/

4. Pinjaman KUR
KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu agenda sumbangan pemerintah dalam bentukan pinjaman dengan rata bunga yang sangat kecil. Program ini merupakan salah satu terobosan gres dimana pemerintah bekerja sama dengan bank nasional untuk menunjukkan sumbangan pinjaman lunak dengan bunga kecil. Dana yang di pinjamkan tersebut sepenuhnya merupakan dana bank tersebut namun pemerintah menunjukkan jaminan pinjaman sebesar 70 % dan 30 % sisanya dibebankan kepada pihak Bank Pelaksana.

Hasilnya memang luar biasa , antusias masyarakat terhadap pinjaman ini sangat besar alasannya ialah beberapa hal diantaranya :
1. Tanpa agunan
Ini berarti anda tidak perlu memiliki jaminan dalam bentuk aset bahan namun cukup perjuangan anda lah agunannya. Tidak menyerupai model pinjaman lain yang harus menjaminkan tanah , kendaraan beroda empat dan lain sebagainya. Untuk KUR syarat yang harus di penuhi ialah adanya perjuangan yang di kelola oleh si peminjam.

2. Bunga pinjaman murah
Karena adanya penjaminan dari pemerintah maka tentu saja rate bunga pinjaman jadi lebih murah selain itu sistem pengembalian pun tidak setegas menyerupai agenda leasing. Namun perlu anda cermati bahwa agenda ini ialah "stimulan" untuk perjuangan sekaligus kredibilitas anda di mata BI. Jika anda tidak bisa mengembalikan uang sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau dengan kata lain anda sering menunggak bisa jadi anda terkena list merah di BI Cheking yang menimbulkan anda kemudian akan masuk ke daftar hitam peminjam. Akbatnya anda akan susah mengajukan sumbangan pinjaman ke Bank manapun.

Ingin keterangan lebih lanjut wacana pengajuan KUR , silahkan baca di link di bawah ini :


5. Mengikuti Kompetisi
Selain cara - cara di atas , anda juga bisa melaksanakan pencarian modal dengan mengikuti kompetisi - kompetisi yang diadakan dari pihak Bank atau suatu instansi. Bank Mandiri contohnya mengadakan program WMM milik bank Mandiri. 

6. Program Insidental Cobalah untuk lebih uptodate terhadap perkembangan berita. Biasanya setiap perusahaan swasta maupun BUMN terdapat dana CSR untuk masyarakat. Untuk itu , anda bisa mencari informasi mengenai agenda - agenda CSR yang bisa di manfaatkan sebagai modal perjuangan menyerupai sumbangan dari salah satu penyedia pulsa di Indonesia yang bisa mengankat kehidupan masyarakat di Kampung Patin dengan menunjukkan dana untuk modal perjuangan budidaya ikan patin.

Baca selengkapnya DISINI

7. Investasi Bahasa umum ialah bagi hasil. Dalam islam ada beberapa cara pembagian hasil sesuai dengan tugas dan besarnya andil dalam perjuangan tersebut. Anda pun bisa mengajukan kerjasama investasi atau bagi hasil kepada orang lain maupun pihak instansi.

Hal yang perlu anda persiapkan ialah proposal usaha. Di blog ini sudah terdapat beberapa pola proposal perjuangan yang bisa anda jadikan sebagai pola proposal perjuangan anda. 

9. Manfaatkan Moment
Valentine , Tahun Baru atau hari kemerdekaan Negara Indonesia merupakan momentum untuk mengais rejeki berlimpah. Bagi anda yang masih kesulitan untuk mencari modal perjuangan , cobalah untuk membuka peluang perjuangan musiman yang nantinya keuntungan dari perjuangan tersebut bisa anda jadikan sebagai modal perjuangan utama anda. 

Saya sendiri pernah mengalami hal ini dan alhmadulillah dapat dijadikan modal perjuangan untuk membuka perjuangan ternak ikan walau jadinya harus tutup alasannya ialah sumber daya air yang kurang mendukung. 
Nah , untuk anda yang masih resah untuk menerima modal perjuangan silahkan anda dapat mengirim email kepada kami untuk dapat berdiskusi dengan kami.