Jumat, 21 Juli 2017

Cara Ternak Kenari yang Mudah Untuk Pemula

Posted on Jumat, 21 Juli 2017
Terry Blog |
Ternak Kenari ~ Menjadi pengusaha mampu dilakukan dalam banyak sekali jenis bidang. Ada yang menggeluti bidang properti , ada yang menggeluti bidang elektronik , dan ada pula yang menggeluti bidang ternak. Untuk anda pecinta burung , ada cara ternak kenari yang mudah untuk pemula yang mampu anda coba. 

Kenari merupakan jenis burung kecil dengan warna menarik dan banyak disukai orang. Jenis burung ini biasanya dijual untuk dijadikan peliharaan di rumah. Namun jenis burung ini juga mampu diikutkan kontes bernyanyi. Banyak orang menyukai jenis burung ini dan mampu menjadi peluang perjuangan rumahan yang menjanjikan.

Untuk anda yang ingin mencoba tips ternak kenari yang mudah untuk pemula , modal yang diharapkan tidaklah terlalu besar. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya. Ternak kenari cocok untuk anda yang ingin menjalankan usaha rumahan yang mampu di kerjakan di rumah.

Apa Itu Kenari dan Darimana Asalnya?

Ternak kenari

Bagaimana sih ciri kenari itu? Sebenarnya ada banyak jenis kenari yang ada ketika ini. Namun beberapa yang sering dikembangbiakan di Indonesia ialah kenari kicau , kenari postur dan kenari warna. Untuk kenari kicau , keindahan suaranya yang diperhitungkan. Untuk kenari warna , keelokan warnanya yang menjadi nilai julan. Sedangkan untuk kenari postur , postur badannya yang menentukan harga.

Beberapa jenis burung kenari yang biasa diternakkan sebagai peluang perjuangan ternak burung untuk pemula ialah sebagai berikut:

1. Kenari border
Kenari jenis ini memiliki bentuk kecil warna kuning dan menyerupai dengan huruf tweety dalam film kartun.Ciri jenis kenari ini ialah memiliki kepala agak bulat.
2. Kenari Belgia
Sesuai dengan namanya , burung ini berasal dari Belgia. Burung ini memiliki ciri unik yaitu bentuk tubuhnya yang menyerupai membungkuk. Jenis burung ini memiliki warna kuning dan putih.
3. Kenari Roller
Kenari jenis ini berasal dari Jerman dan mempunyai ciri terdapat gembul pada adegan leher. Kenari jenis ini merupakan jenis kicau yang sangat digemari sebab mempunyai kicauan yang sangat merdu.
4. Kenari Norwich
Kenari jenis ini berasal dari Inggris. Ini merupakan jenis kenari postur sebab daya jual berdasarkan bentuk tubuhnya. Kenari  ini memiliki tubuh lingkaran , ekor pendek , serta bulu yang menutupi area mata. Kenari ini sangat imut dan banyak disukai anak kecil.
5. Kenari Crest
Percampuran antara coklat dan kuning ialah warna pada bulu jenis kenari ini. Kenari postur ini dikenal unik sebab memilikii jampul di area kepala. 

Kenari-kenari diatas ialah yang sering dibudidayakan untuk cara ternak kenari yang mudah untuk pemula. Kenari sendiri sebetulnya bukan dari Asia , melainkan dari Kepulauan Canary di sebelah barat laut pesisir Afrka. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol. Burung Kenari pada awalnya merupakan burung liar. Lalu bangsa Spanyol menangkap burung ini dan menternakkannya. Bangsa Spanyol sahulunya menguasai perdagangan burung ini. 

Namun pada jadinya , burung kenari pun hingga dikembangkan di Jerman , Inggris , dan Italia. Bangsa Indonesia sendiri mengenal Kenari dari bangsa Taiwan yang melaksanakan perdagangan dengan bangsa Jerman , Inggris dan Italia. Karena itulah , hingga ketika ini ada banyak sekali burung jenis kenari yang ada.

Bagaimana Cara Ternak Kenari yang Mudah Untuk Pemula?

Berikut cara ternak kenari yang mudah untuk pemula yang mampu anda coba:
1. Menyiapkan Bibit
Pilihlah jenis kenari yang ingin anda ternakkan. Anda mampu memilihnya berdasarkan pilihan kenarii postur , warna , atau kicau. Untuk tips ternak kenari yang mudah untuk pemula , membedakan jenis kelamin jantan dan betina , anda mampu melihat dubur dan postur tubuhnya. Untuk kenari jantan , duburnya lebih menonjol ke atas dan tubuh agak ramping. Sedangkan kenari betina , dubur lebih rata dan tubuhnya lebih bulat.

2. Menyiapkan kandang
Siapkan sangkar ukuran idel untuk 2 kenari dengan daerah makan , minum serta daerah bersarang. 
3. Menyiapkan perjodohan

Untuk perjodohan , pastikan kenari sudah siap kawin. Usia ideal ialah 6 bulan. Namun untuk kenari jensi besar , usia ideal ialah 10 bulan. Kenari yang siap dijodohkan ialah kenari yang sedang birahi. Cirinya ialah sering berkicau dan melompat-lompat di sangkar. Biasanya mereka juga sering merobek kertas atau benda yang ada di sangkar.

4. Pemberian makan
Pakan yang bagus untuk kenari ialah kenari seed. Tambahan makanan yang sangat bagus bagi perkembangan kenari dan telurnya ialah biji sawi , sawi hijau , sawi putih , dan timun. Tips ternak kenari yang mudah untuk pemula ialah dengan menunjukkan sawi hijau untuk kenari yang dalam perjodohan. Hal ini akan membuat kualitas telur yang dihasilkan lebih bagus.

Dengan cara ternak kenari yang mudah untuk pemula diatas , anda mampu menerima keuntungan lebih ketika kenari sudah bertelur dan mempunyai anak. Harga kenari relatif stabil dan naik turunnya tidak terlalu signifikan dibanding jenis burung lain. Untuk bibit , dengan modal sekitar 1 juta , anda sudah mampu menerima 2 burung. Namun untuk bibit jenis unggul yang bagus , anda harus mengeluarkan uang lebih dari itu. 

Simak juga Video Ternaknya di bawah ini

Tips Sukses  Ternak Kenari yang Mudah Untuk Pemula

Untuk tips ternak kenari yang mudah untuk pemula semoga tidak gagal ialah dengan rajin membersihkan kandang. Bersihkan sangkar dengan baik dengan membuang kotorannya dan menyiramnya dengan air. Berikan air minum serta makanan yang gres untuk kesehatan kenari. Untuk dukungan makanan perhiasan menyerupai wawi , pastikan masih segar dan diganti tiap hari. 

Beberapa jenis kenari ada yang mudah stres ketika pasangannya meninggal ataupun terkena penyakit. Biasanya mereka tidak mau merawat anaknya. Jika hal ini terjadi , pisahkan induk dan anaknya dan rawat anaknya sendiri. Berilah lampu bohlam dengan watt kecil untuk menghangatkan badannya dan beri makan dengan disuap menggunakan alat bantu sendok kecil atau kayu kecil. Hal ini akan membuat kesempatan hidupnya lebih tinggi dan tips ternak kenari yang mudah untuk pemula akan sukses