Minggu, 14 Mei 2017

Pengertian dan Definisi Pemasaran Dalam Dunia Bisnis Menurut Para Ahli

Posted on Minggu, 14 Mei 2017
Terry Blog |
Pemasasaran adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Bisnis apapun tentu selalu terikat dengan satu proses yang dinamakan pemasaran. Pemasaran sendiri bukan hanya soal bagaimana mendistribusikan barang kepada pembali namun juga aneka macam hal yang berkaitan dan mendukung penjualan semoga para pembeli berkenan untuk membeli produk yang kita hasilkan.

Mengingat bahwa dalam menjalankan urusan ekonomi bukan hanya perihal bagaimana memproduksi barang alasannya dalam banyak kasus yang terjadi , ada barang yang sebetulnya layak dan sangat mengagumkan di jual namun kurang maksimal penjualannya alasannya kurang tepatnya taktik pemasaran , oleh karenanya mempelajari pemasaran sangat penting terutama dalam penentuan lokasi dan segmentasi pasar. 

definisi pemasaran

Pengertian Pemasaran


Pengertian Pemasaran sendiri telah disebutkan oleh beberapa jago diantaranya :

Menurut Philip Kotler dan Amstrong pengertian pemasaran merupakan suatu proses sosial dan managerial yang menimbulkan individu maupun kelompok bisa menerima apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Menurut W Stanton pemasaran yaitu sistem keseluruhan dari aktifitas urusan ekonomi atau perjuangan yang memiliki tujuan guna merencanakan acara perjuangan , menghitung dan menentukan harga , mempromosikan atau mengenalkan barang dan mendistribusikan produk baik barang dan jasa yang diharapkan bisa memuaskan kebutuhan pelanggan dan pembeli maupun pembeli potensial.

Pembeli potensial yaitu mereka yang memiliki impian yang berpengaruh untuk membeli produk yang dipasarkan dan memiliki kemampuan untuk membelinya. Dalam hal ini tentu saja bagi sales executive sangat penting untuk membedakannya semoga dapat dengan sempurna menentukan taktik dan penentuan target pasar.

Sementara itu terdapat lima jago lain yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran diantaranya 
 


Pengertian Pemasaran Philip dan Duncan
Berdasarkan apa yang dikemukakan oleh Philip dan Duncan , pengertian Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah digunakan atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. (pemasaran , 2001).

Pengertian pemasaran yang disampaikan oleh Philip dan Duncan lebih menitik beratkan terhdapa upaya dari pihak penghasil produk atau produsen kepada konsumen semoga barang dapat hingga kepada pembeli. Dengan kata lain , Definisi pemasaran yang disampaikan oleh jago marketing tersebut merupakan fungsi distribusi.

Sementara itu , fakta di lapangan , pelanggan bukan hanya mementingkan bagaiaman barang bisa hingga ditangan mereka , namun juga terkait dengan kepuasan para pelanggan. Seperti yang telah dikemukan oleh .



Pengertian Pemasaran Menurut Alex S Nitisemito

Dalam buku Marketing tahun 1984 , menurut Ales S Nitisemito mengatakan bahwa pengertian pemasaran yaitu seluruh aktifitas atau acara yang memiliki tujuan untuk melancarkan arus barang dan jasa dari pihak produsen kepada pembeli seefisien mungkin semoga menciptakan seruan yang efektif.

Dari pengertian di atas , maka pemasaran berfungsi untuk memberi kepastian bahwa barang dan jasa yang telah dihasilkan bisa diterima oleh pembeli dengan seefisien mungkin sehingga perusahaan perlu menyiapkan beberapa langkah supaya produk dapat diserap secara maksimal oleh pembeli. 

Dalam ilmu pemasaran , ada istilah pemasaran yaitu "Bauran Pemasaran" yang memiliki pengertian "perangkat taktis yang bisa dikelola dan dikendalikan dan dapat dipadukan oleh perusahaan atau produsen untuk menerima jawaban yang diinginkan oleh pasar yang ditargetkan. Dalam hal ini , Bauran Pemasaran terdiri dari beberapa hal diantaranya ::
a.  Produk (Product)
Kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh produen kepada pasar yang ditargetkan. Bauran pemasaran yang berkaitan dengan produk meliputi: manfaat produk , keragaman produk , mutu kualitas produk , rancangan , brand atau merek , kemasan produk , ukuran produk , pelayanan , jaminan dan sifat.

b. Harga (Price)
Harga atau price yaitu jumlah nominal uang yang harus dibayarkan oleh pembeli semoga menerima produk yang mereka inginkan. Hal ini meliputi syarat kredit produk , periode pembayaran produk , kepingan atau diskon produk termasuk pula harga produk.

c. Distribusi (Place)
Aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Meliputi: susukan , lokasi , persediaan. Distribusi atau placement memiliki arti sebagai acara perusahaan semoga produk tersedia bagi pembeli atau konsumen sasaran.Dalam hal ini meliputi persediaan produk , susukan serta lokasi.

d. Promosi (Promotion)
Promosi diartikan sebagai acara yang bertujuan untuk mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran semoga mereka bersedia untuk membelinya. Meliputi :Hubungan masyarakat , penjualan personal atau selling personal , promosi penjualan termasuk pula advertisment atau periklanan.


Pembahasan mengenai bauran pemasaran akan saya bahas pada kesempatan yang akan datang secara lengkap. 

Baca juga :

Teknik Pemasaran Online Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Melejitkan Penjualan


Pengertian Pemasaran Menurut Basu Swasta
Menurut Basu Swasta , pengertian pemasaran tidak berbeda jauh dengan apa yang dikemukakan oleh W Stanton. Menutur Basu Swasta , Pengertian pemasaran atau definisi pemasaran yaitu keseluruhan sistem dari aktifias perjuangan yang ditujukan untuk merencanakan , menentukan harga , mempromosikan produk serta mendistribusikan produk baik barang maupun jasa yang dapat memuaskan pembeli maupun pembeli potensian.

Dari apa yang disampaikan oleh Basu Swasta , Tujuan utama acara pemasaran yaitu kepuasan pelanggan. Oleh karenanya , dalam proses pemasaran mencakup perjuangan perusahaan yang dimulai dari perencanaan , pengidentifikasian kebutuhan pembeli karenanya dibutuhkan adanya pelayanan yang baik. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang diawali dengan keberhasilan pelayanan dalam pemasaran maka semakin tinggi tingkat keberhasilan perusahaan.

Dari beberapa pemaparan di atas , hemat penulis bahwa pengertian pemasaran atau definisi pemasaran yaitu keseluruhan proses dalam mendistribusikan produk yang dihasilkan kepada pembeli dengan memperhatikan proses perencanaan , penentuan harga yang pada hasilnya dicapailah kepuasan pelanggan.

KONSEP DASAR PEMASARAN

Konsep utama dari pamasaran yaitu Menjadikan acara pemasaran semoga dapat memuaskan kebutuhan dan impian pasar sasaran dengan lebih efektif dari pesaing lainnya. Sementara itu seorang Profesor dari Harvard berjulukan Theodore Levitt menjalaskan dengan gamblang perbedaan mendasar antara menjual dengan pemasaran. 
Konsep menjual/penjualan memuaskan perhatian pada kebutuhan penjual;konsep pemasaran pada kebutuhan pembeli;Konsep penjualan/menjual sibuk dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uang tuna; konsep pemasaran sibuk dengan gagasan untuk memuaskan kebutuhan
Dari pemaparan yang disampaikan oleh profesor Theodore Levitt , telah terang sekali bahwa penjualan dititik beratkan kepada kebutuhan penjual sementara pemasaran berlaku sebaliknya yaitu berfokus pada kepuasan pada kebutuhan pembeli. 

Oleh karenanya , sebelum menentukan rencana pemasaran , langkah pertama yang dilakukan oleh perusahaan yaitu mengidentifikasi  pasar konsumen dan perilaku konsumen. Dalam menganalisa pasar konsumen , perusahaan harus meneliti siapa yang membentuk pasar (penghuni) , apayang dibeli pasar(obyek) , mengapa pasar membeli , tujuan , siapa yang berpartisipasidalam pembelian(organisasi) , bagaimana pasar membeli(operation) , kapan pasar membeli , peristiwa , dan dimana pasar membeli(kios). 

Perilaku konsumen dipengaruhi oleh empat faktor :budaya(budaya ,sub budayadan kelas sosial) , sosial(kelompok pola ,keluarga ,serta tugas dan status) , dan psikologis(motivasi , persepsi , pengetahuan , keyakinan , dan pendirian). Riset terhadapsemua faktor-faktor ini dapat memperlihatkan petunjuk menyerupai bagaimana cara merangkuldan melayani konsumen dengan lebih efektif

Demikianlah artikel mengenai pengertian pemasaran yang dapat saya sampaikan , dalam berbisnis jangan lupa bahwa kepuasan pelanggan menentukan seberapa lama keuntungan kita akan tetap bertahan sehingga tingkat keberhasilan perusahaan akan bertahan lama dan bahkan meningkat.